Selasa, 11 Juni 2013

Cerita Tentang Jogja (Girls Backpacker Mode On)

Ini cerita tentang sebuah perjalanan kecil ke sebuah provinsi bernama Jogjakarta. Yuuukkkk... simak cerita liburan saya..

Jl. Malioboro, Jogja

Day 1 : 30 Desember 2012

Angie Chan, SariQueen & saya akhirnya sepakat untuk menghabiskan hari libur tahun baru ke Jogja. Kami berpacu dengan waktu menuju meet point --> pintu masuk peron terminal Bungurasih, Surabaya

Jam 9 pagi kala itu, tepat di depan Dunkin Donuts. Keringat membasahi dahi & leher Angie. Ini adalah perjalan kedua kami liburan ke Jogja tanpa ditemani orang yang lebih tua & hanya membawa bekal uang pas - pasan. Hehehe..

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 11.00 namun bus yang kami cari tak mau berhenti di jalurnya untuk mengangkut penumpang. Arrghhh.. seperti pindang kepanasan menunggu bus. Setiap bus yang lewat selalu penuh sesak tak bersisa ruang untuk menambah penumpang.

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 1 siang dan kondisi masih tetap sama.

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 2 siang dan kondisi masih tetap sama. Akhirnya kami tak memperdulikan lagi rasa takut berkompetisi dengan para pencari bus. Kami berlari - lari menuju pintu masuk bus untuk menurunkan penumpang. Kami tak peduli bahwa area tsb tak boleh menaikkan penumpang. Cuek sajalah..

Prrriiiiiittttttt.. "Dilarang menaikkan penumpang di area penurunan. Sekali lagi bus dilarang menaikkan penumpang di area penurunan". Suara itu terus saja bernyayi menciutkan nyali kami.

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 3 sore dan kondisi masih tetap sama, belum dapat bus. Celingak celinguk melihat petugas terminal, oohh tak ada petugas. Siap - siap.. Ada satu bus Rahayu Sentosa datang menurunkan penumpang. Kami diam - diam berlari dibalik mobil yang berjalan.

"Ikutt..." teriakku. Kami bertiga langsung masuk bus tak berfikir panjang lagi. Hampir saja Angie ketinggalan. Fiuhhh.. untunglah kami dapat tempat duduk masing - masing.

Angie lagi mabok
Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 5 sore. Kami baru sadar kalau kami belum menemukan hotel atau losmen atau tempat mana saja buat istirahat malam ini. Gila.. terpikir bermalam di terminal Giwangan. Tidakk.. hati nurani tidak mengijinkan. Kami bertiga mencoba telepon semua losmen di daftar yang kami bawa.

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 6 malam.Panik mulai melanda.. Tidak pernah terbayang kami akan tidur di terminal yang kumuh. Berdoa.. berdoa... "Ohh.. oke.. bisa ya.. kami sampai sana sekitar jam 9 malam. Tengkyu" Sari menutup teleponnya. Berhasil dapat satu kamar murah di sekitar terminal. Cukuplah rasanya untuk istirahat semalam.

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 8 malam. Saya mengucek mata memastikan sudah sampai mana. Tengok ke kanan, Sari & Angie masih terlelap. Masih Madiun, tidur lagi saja..

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 10 malam. Saya menguap karena masih belum sampai terminal juga. Ohh sudah sampai ring road ternyata. Sebentar lagi. Saya bangunkan Sari dan Angie. Hffttt.. susahnya...

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 10.30 malam. Kami menginjakkan kaki di tanah Jogja. Terminal Giwangan 10.30 WIB. Dinginnya angin malam mulai menyentuh kulit kami. Bersyukur pada Allah kami selamat.

Seteguk teh hangat mulai menghangatkan rongga dada kami. Saya regangkan tangan lebar - lebar ke atas sambil menguap lebar. Nikmatnya..

Before sleep masih begaya ya ini
Kami celingak celinguk, OMG.. trans jogja kan ga ada jam segini. Lahh terus kami ke hotel naik apa. Panik.. panik.. sudah malam.. Mata - mata nakal penghuni terminal mulai memperhatikan kami.

Nego - nego taksi mobil pribadi, deal Rp 50.000 diantar sampai hotel. Ehh ternyata hotelnya deket banget.. Ga sampai 5 menit sudah sampai.. Anjrittt, gitu pak sopirnya bilang jauh.. Ggrrrr...

Tik tok tik tok.. Jam menunjukkan pukul 11.00 malam.Thanks God.. bisa rebahan di kasur. Nite everyone...

Day 2 : 31 Desember 2012

Hoaaammmmm.... buka pintu kamar losmen. Celinguk kanan kiri, sudah terang dan rame. Lihat jam tangan, woaww.. bener aja rame, sudah jam 8 pagi.. Hahaha... ga kerasa tidurnya lama banget.

Sari duduk sambil kucek - kucek mata. Angie malah ambil selimut. Lah.. kok.. begitu.. yasudah deh.. ikutan rebahan di samping Angie menyelinap di selimutnya. Hahaha.. Sari tarik - tarik kaki kami supaya bangun. Berhasil rupanya.. Wkwkwk..

Mandi.. Dandan.. Wangi.. Yukk Cusss...

Packing barang - barang lagi, check out. Berjalan ke halte trans Jogja agaknya jauh juga. Dan sedikit melelahkan karena bawa ransel. Hahaha.. (namanya juga backpacker).

Sampai di halte depan Bank Indonesia, kami berjalan ke Jl. Dagen. Perjalanan berhenti di sebuah warung makan. Yukk breakfast dulu pakai nasi campur a la Jogja. Murah loh.. nasi campur plus minum cuma habis Rp 6000,-

Setelah makan, kami mengunjungi museum Benteng Vredenberg. Bentuk bangunannya bagus, Belanda banget. Bersih dan sejuk. Tiket masuk hanya Rp 2.500,-

pintu masuk museum
my Best Friends pada kecapekan

Taman di dalam benteng
Setelah capek menjelajah museum, kami melanjutkan perjalanan ke rumah produksi bakpia pathok 25. Merk bakpia ini salah satu merk terkenal selain bakpia pathok 75. Entah mana yang lebih dulu ada atau yang lebih baik. Menurut saya rasanya enak semua, hahaha..

Rumah produksi bakpia pathok ada di kawasan sentra bakpia di jalan KS. Tubun Pathuk atau 300 meter barat Jalan Malioboro (kalau tak salah ingat ya..), produsen bakphia pathok menjadikan dapur produksinya sebagai showroom tempat belanja langsung.

Jika dilihat dari luar, tak nampak seperti rumah produksi. Terlihat seperti gang kecil gitu. Awalnya masuk melalui sebuah gang agak besar (sekitar 5 meter), lalu berjalan sedikit menuju sebuah bangunan rumah klasik model pabrik jaman dulu. Beli bakpia di dapur produksinya selalu masih hangat karena baru matang. Mantapppzzz..

Selesai belanja bakpia, kami keliling area malioboro cari penginapan murah. Targetnya adalah lihat kembang api pergantian tahun di perempatan Bank Indonesia. Makanya kami harus dapat penginapan area malioboro.

Fiuhhh.. capek plus panas.. 2 jam keliling tapi penuh semua. Hopeless deh.. pasrah.. kami berhenti di warung kopi pinggiran beli es teh. Minuman paling menyegarkan untuk hawa panas.

pilih - pilih desain tato
Cari penginapan lagi dengan semangat 45, hahaha.. lupakan panas matahari jam 2 siang. Akhirnya dapat juga penginapan di derah Sosrowijayan. Alhamdulilah... May God Bless us..

Masuk kamar lagi.. istirahat.. mandi.. dandan.. jalan - jalan lagi..

Kali ini kami hanya muter - muter sekitar malioboro - keraton. Ada seniman tato jalanan lagi beraksi. Angie & saya tertarik lihat kelincahan tangannya menggoreskan hena di kulit. Saya mau juga ah.. awalnya ragu sih.. (takut dimarahi bapak setelah sampai rumah :P ) tapi bulatkan tekad pakai tato temporer.. hehehe..

Jadilah Angie & saya bikin tato temporer di tubuh kami. Angie ingin tato di tengkuk atau dada, tapi karena seniman tatonya ada di ruang terbuka ya ga jadi deh.. malu.. hehehe.. kalau saya ? cukup di tangan saja.. Lihatlah tato kami..
Tatonya Angie
Tato saya
Lho.. Sari kemana yak.. kok ga nongol - nongol.. Ow..ow.. ternyata Sari beli permen gulali. Uniknya kalau beli permen gulali di Jogja, kita bisa request bentuk apa saja. Sari cobain bentuk bunga.. Melow banget pan..

Gulali oh gulali

Setelah capek jalan - jalan kami balik ke penginapan buat istirahat. Masih padat jadwal nih buat ntar malem, hehehe..

Tenggg.. tenggg... tenggg.. Jam dinding menunjukkan pukul 19.15 WIB. Dan kami masih terbaring di atas kasur, hahaha... padahal rencana awal mau lanjut jalan - jalan lagi ke keraton. Liat di jendela masih ujan lumayan deres.. kok.. malas melanda gini sih..

Jam 8.45 malam kami baru keluar kamar untuk beli makan malam, laper bo'... pilihan jatuh di angkringan kopi jos belakang stasiun Tugu. Meskipun hujan gerimis, lanjut jehhh...

Jika ke Jogja, harus mampir ke angkringan kopi jos belakang tugu. Angkringan ini salah satu ikon Jogja. Ga afdol ke Jogja kalau ga ke angkringan. Mau tahu menunya ?
Nasi kucing Rp 1.500, bermacam-macam sate mulai Rp 1.000, berbagai jenis minuman mulai Rp 1.500. Nah, khasnya angkringan itu ya nasi kucing & kopi jos.

Nasi kucing itu nasi bungkus berukuran mini sedangkan kopi joss itu kopi yang disajikan dengan arang membara di dalam kopi (dicelupkan ke dalam gelas) hingga air dalam gelas bisa mendidih. Harga - harga di angkringan ini murah - murah. Start from Ro 1.000,-

ujan - ujan
@ angkringan

nahh.. saat yang ditunggu - tunggu tiba.. 11 malam kami kembali ke wilayah malioboro menyaksikan pesta kembang api. Mau tau suasanya ? Errrgghhhh.. penuh.. sesak.. rame.. uyel-uyelan.. pribumi, bule, segala macam ras suku bangsa gabung jadi satu di ruas jalan malioboro menuju ke arah keraton. Kendaraan sudah tak bisa lewat, mesin - mesin diam membisu. Happy New Year 2013 guys..

lautan manusia

Day 3 : 1 Januari 2013

Semalam baru tidur jam 2.30 pagi bikin mata kami susah diajak kompromi padahal kami sudah bayar tur ke Borobudur jam 5 pagi dijemput. Yahhh.. mau gimana lagi, hahaha.. mengantuk bebh... Si bapak supir travel sudah gedor - gedor pintu kamar ngajakin berangkat. Kami bertiga masih teler kecapekan.. hahaha.. Sari nyamperin tuh bapak dengan kondisi mata merem, bilang kalau ga jadi ikut.. Ilfeel ilfee beneran tuh bapak kali ya liat cewek2 berantakan bgt plus bau jigong.. hahaha.. bodo amat..

Perjalanan pulang dijadwalkan sesuai rencana. Jam 12 tet kami check out langsung cus ke terminal Giwangan. Surabaya Kota Pahlawan, We are cominggg.... hehehe..

Tik.. tok.. tik.. tok... Jam menunjukkan pukul 4 sore.. Lah kok kondisi terminal sama kayak waktu berangkat sih.. lebih parah pula. Sama sekali ga ada bus jurusan Surabaya yang masuk terminal.

Angie mulai panik deh.. capek plus sedikit demam bikin dia rewel.. Kasian juga liatnya..

Tik.. tok.. tik.. tok... Jam menunjukkan pukul 5 sore.. Sudah lewat 2 bus masuk terminal.. Full.. Terminal cuma jadi lorong lewat saja. Sebal.. sebal... kemana sih perginya para sopir itu..

Waduhh kondisi Angie tambah ga karuan.. Finally, we make decision.. Ganti haluan naik kereta aja deh.. Biar ga kecapekan sampai Surabaya, secara tgl 2 Januari sudah harus check clock di kantor.. Semangat !!!

Cari mencari Alfamart atau Indomart terdekat. Alhamdulilah masih dapat tiket kereta malam (Sancaka sudah full booked sejak bulan November, amazing tralala). Jadilah kami menuju stasiun tugu menunggu kereta tiba pukul berapa.. biasanya.. (bergaya nyanyi lagunya Iwan Fals)

Kereta kami pukul 01.00 dini hari.. hahaha.. amazing.. jam 8 pagi harus ngantor dan jam 1 pagi kami masih akan naik kereta. Semangat pollll...

Bergaya di jam 23.00 @emperan ruang tunggu kereta

Luntang.. lantung.. di stasiun.. jalan kesana.. jalan kesini.. gosip.gosip.. pijat refleksi.. sampai ketiduran kereta ga dateng - dateng.. Tuhh kan.. selalu deh Indonesia ini.. ga ada yang tepat waktu..

"Perhatian..perhatian.. kereta jurusan Surabaya akan berangkat." - 01.30 dini hari

Cari tempat duduk, tarik selimut, tidurrrrrr sampe besok pagi..

And.. welcome to Surabaya.... Thank you Jogja.. Thank you firends.. Nice Holiday..