Sabtu, 18 Mei 2013

Enjoy the Night at Zangrandi Ice Cream House

Kali ini saya wisata kuliner lagi.. ^_^=
Bukan tempat baru sih.. tapi sebelumnya belum pernah saya tulis di blog, jadi saya putuskan saya cerita saja tentang kunjungan saya yang ke-4 di Zangrandi Ice Cream House.

Renato Zangrandi's di taun 1930


teman saya, Rerik
Es krim Zangrandi ini sudah berdiri sejak tahun 1930 loh.. Pendirinya adalah seorang berkebangsaan Italia, Renato Zangrandi. Dulunya Zangrandi didirikan untuk memuaskan selera orang Eropa yang doyan es krim (sedangkan dulu di Indonesia masih es puter kayaknya yang available, hehehe). Pada awalnya kedai ini dinamakan Renato Zangrandi's Ijspaleis. Setelah pendirinya meninggal, tinggalah nama Zangrandi yang masih dipakai hingga sekarang. Lokasinya strategis, di Jl. Yos Sudarso 15, Surabaya. Kalau ingin lebih mudah mencari, tanya saja dimana letak Balai Pemuda. Nah.. Zangrandi ada di seberang Balai Pemuda.

Dulunya Balai Pemuda merupakan tempat dugem para orang borjuis & kaum socialista. Pada zaman penjajahan Belanda, Balai Pemuda bernama Simpangsche Societeit. Baik Balai Pemuda maupun Zangrandi merupakan salah satu warisan bangunan sejarah yang harus terus dilestarikan. Namun sayang beberapa waktu lalu salah satu gedung Balai Pemuda terbakar. Parahnya, hingga kini proses renovasi & pemugaran belum juga selesai ditambah ada atap yang hilang (OMG, padahal itu salah satu ikonnya bangunan khas jaman Belanda).

Upss... kok ngelantur soal Balai Pemuda sih.. hehehe.. sori

Nah.. soal rasa es krim Zangrandi, pendapat orang berbeda - beda. Ada yang bilang rasanya tetap terjaga namun menurut saya rasanya sudah berbeda. Pertama kali saya mencicipi es krim Zangrandi saat saya masih SMP. Saya masih ingat waktu itu mencoba Macedonia yang dibelikan oleh om saya. Rasanya nyesss saat di mulut. Ditambah aroma rhum yang segar bikin es krim itu enak banget.

Kunjungan kedua & ketiga pada saat SMA & kuliah. Rasanya masih enak. Waktu itu saya mencoba es krim yang ada buah - buahan & semacam es krim dengan smoothies. Saya masih rasa itu enak karena teksturnya masih sama seperti saat saya SMP. Agak kasar tapi masih terasa krim susu.

Banana Split, Wafle Ice Cream, Satunya lupa nama menunya Hehehe

Waktu saya beberapa hari lalu mencoba memesan banana split, lah kok.. jadi kayak es puter.. hahaha.. (atau hanya perasaan saya saja ya...) but, overall have great taste. Teman saya memesan es krim di atas wafle kering. Enak rasanya.. (kami saling cicip mencicip, hahaha maklum orang kantoran gaji bulanan)

Buat yang ingin nongkrong, Zangrandi bisa jadi salah satu tempat tujuan. Suasanya enak buat nongkrong (tapi tidak ada AC loh ya..). Letaknya yang di pinggir jalan & furniture berkonsep jadul membuat Zangrandi jadi tempat yang homy buat nongkrong. Harganya juga standar cafe lah.. start from Rp 15.000. Oiya, sekarang ada menu baru di Zangrandi yaitu Pizza. Kami pesan pizza juga. Rasanya not bad lah.. Kalau dibandingin sama Pizza Hut, hmmmm... lebih enak Pizza Hut, hahaha.. (maaf saya ga bermaksud promosi).


Banana Split yang saya pesan


2 komentar: