Kamis, 07 Juni 2012

Bikin Bisnis Online di Facebook

Bisnis online yah... menggiurkan tuh.. hehehe.. tinggal duduk di rumah sambil main FB udah bisa dapet duit.. Bener gitu yah.. Hmm.. jangan berpikir terlalu enteng dulu.. ternyata bisnis online tidak semudah yg dibayangkan loh... Income yg didapat juga akan sesuai sama usaha kita promosi.. Emang gimana sih bikin bisnis online ? Check it out yukkzzz....

Ini pengalaman saya berbisinis online setelah hampir 1 tahun.. untuk memulai bisnis online, kita juga butuh modal.. meskipun tidak sebesar bisnis nyata.. tapi tetap butuh modal.. modalnya apa ? yang pertama kita siapkan adalah jaringan internet.. syukur kalau punya modem sendiri di rumah, kalo ga punya bisa di warnet..

kalau sudah beres dengan masalah jaringan, kita cek lagi suplier untuk produk kita.. apakah sudah ready atau belum.. meskipun online, tp pasokan produk tetap harus sip dan diberi perhatian khusus.. jangan sampai ketika ada order, kita tidak punya atau kesulitan dpt barang.. kecewa tuh pelanggannya..

setelah itu, mulai biki akun FB yang khusus buat bisnis.. jangan di akun pribadi.. riskan euy.. pake profil pic yang menggambarkan bisnis kamu (bisa logo atau salah satu produk yg diunggulkan).. trus, beri informasi yg jelas.. kamu bisnis di bidang apa.. kualitas produk kamu.. cara pemesanan dan telepon / contact personnya.. then, upload beberapa foto produk kamu dulu.. beri keterangan yg jelas dan kode agar memudahkan informasi pemesanan.. after that, tambahkan teman sebanyak - banyaknya.. kalau mau, yang sesuai segmentasi dan target pasar kamu..

untuk awal, upload foto produk secara bertahap dalam beberapa hari agar terlihat online shop kamu ada kemajuan dan ga stuck... Tag sebanyak - banyak orang di foto produk kamu dan share ke profil kamu.. remove semua kata2 atau komen yg tidak berhubungan dgn bisnis kamu.. (bisa menurunkan image bisnis dan bikin orang ga percaya)

setelah ada pemesan, usahakan servis yg maksimal dan sesuai janji kamu dalam berbisnis.. kalau pelanggan puas, minta agar post comment yg bagus2 di FB itu.. agar calon pembeli yg lain tambah percaya.. karena berbisnis online adalah bisnis keprcayaan.. online shop yg bisa menjaga kepercayaan konsumen dan memuaskan harapan konsumen, online shop itu akan bertahan dan semakin banyak pembeli...

Kalau modal uang kamu mencukupi, beri packaging yang bagus dan berkesan.. meskipun dipaketkan pengirimannya, usahakan packagingnya jgn hanya kardus dibungkus kertas cokelat.. misal untuk produk kaos, bungkus dengan mika tabung yg sudah dilabel stiker online shop kamu.. trus dibungkus kertas kado lucu.. baru dipaketkan..

Agar online shop kamu tidak ketinggalan perkembangan, sediakan waktu 2 jam sehari full untuk online.. ikuti perkembangan online shop pesaing agar bisa menyaingi.. jadikan pesaing terberat kamu untuk belajar menjadi lebih baik.. bikin ciri khas sendiri untuk OL Shop kamu.. Intinya berbisnis online adalah kepercayaan, ketepatan waktu, kesesuaian perjanjian, promosi terus menerus dan sabar.. semua hasil sangat tergantung dari usahanya..

Oke guys.. Selamat berbisnis ria.. Happy shopping..

Xie..Xie..

Untuk liat OL Shop saya di FB, bisa mengunjungi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar